Sub-Total : Rp.

Like Us
Kontak Kami

 

Alamat Toko

LTC-Glodok Lantai UG Block A 19 No. 3

Jln. Hayam Wuruk No. 127

Jakarta

Email :

[email protected]

[email protected]

No. Telepon / Fax :

+6221 - 62317267;

+6221 - 62307184

 

PIN BlackBerry:

D393B650

No. Handphone / Whatsapps  :

+62812-98170022

 

Membandingkan Kabel Coaxial dan Kabel UTP

Diposting Oleh Admin KabelNetwork.com
27 Agustus 2014

Kategori IT

Ada banyak kabel yang dapat digunakan dalam jaringan komputer. Dalam artikel ii akan dibahas mengenai perbandingan, kelebihan, dan kekurangan antara dua jenis kabel yang sering digunakan, yaitu kabel coaxial dan kabel UTP.

Kabel Coaxial
Jenis ini terdiri atas dua buah kabel yang diselubungi oleh dua tingkat isolasi. Tingkat isolasi pertama adalah yang paling dekat dengan kawat konduktor tembaga. Bagian ini dilindungi oleh serabut konduktor yang menutup bagian atasnya yang melindungi dari pengaruh elektromagnetik. Sedangkan bagian inti yang digunakan untuk transfer data terdapat pada bagian tengahnya yang selanjutnya ditutup atau dilindungi dengan plastik sebagai pelindung akhir untuk menghindari dari goresan kabel.

Beberapa jenis kabel Coaxial lebih besar dari pada yang lain. Makin besar kabel, makin besar kapasitas datanya, lebih jauh jarak jangkauannya dan tidak begitu sensitif terhadap interferensi listrik.

Kabel Coaxial

Twisted Pair
Kabel twisted pair terjadi dari dua kabel yang diputar enam kali per-inchi untuk memberikan perlindungan terhadap interferensi listrik ditambah dengan impedensi, atau tahanan listrik yang konsisten. Nama yang umum digunakan untuk kawat ini adalah IBM jenis/kategori 3.

Kabel UTP

Unshielded Twisted Pair
Kabel “Unshielded twisted pair” ( kabel UTP ) digunakan untuk LAN dan sistem telepon. Kabel UTP terdiri dari empat pasang warna konduktor tembaga yang setiap pasangnya berpilin. Pembungkus kabel memproteksi dan menyediakan jalur bagi tiap pasang kawat. Kabel UTP terhubung ke perangkat melalui konektor modular 8 pin yang disebut konektor RJ-45. Semua protokol LAN dapat beroperasi melalui kabel UTP. Kebanyakan perangkat LAN dilengkapi dengan RJ-45. Kabel UTP cukup murah dan mudah dipasang, serta bisa bekerja untuk jaringan skala kecil. Banyak toko atau distributor yang men jual kabel UTP dengan aneka merek dan variasi harga. Dalam pemakaiannya, kabel UTP juga biasa dikombinasikan dengan patch cords.


KELEBIHAN DAN KELEMAHAN

Kelebihan coaxial:
– hampir tidak terpengaruh noise
– harga relatif murah

Kelemahan coaxial:
– penggunaannya mudah dibajak
– thick coaxial sulit untuk dipasang pada beberapa jenis ruang


Kelebihan twisted pair:
– harga relatif paling murah di antara kabel jaringan lainnya
– mudah dalam membangun instalasi

Kelemahan twisted pair:
– jarak jangkau hanya 100 m dan kecepatan transmisi relatif terbatas (1 Gbps)
– mudah terpengaruh noise (gangguan)

 

sumber

gambar

Terkait Berita Terkait

Komentar 0 Komentar :

    Komentar


    • Nama *
    • Email *
    • URL / Website
    • Komentar *