Sub-Total : Rp.

Like Us
Kontak Kami

 

Alamat Toko

LTC-Glodok Lantai UG Block A 19 No. 3

Jln. Hayam Wuruk No. 127

Jakarta

Email :

[email protected]

[email protected]

No. Telepon / Fax :

+6221 - 62317267;

+6221 - 62307184

 

PIN BlackBerry:

D393B650

No. Handphone / Whatsapps  :

+62812-98170022

 

Tips dan Trik Merawat Jaringan Komputer

Diposting Oleh Admin KabelNetwork.com
14 November 2014

Kategori IT

Jaringan komputer merupakan koneksi/hubungan antara dua komputer atau lebih. Operasional jaringan komputer dikendalikan oleh personel atau tim jaringan yang bertugas memelihara dan mengatur kerja sistem jaringan. Setiap pengguna maupun administrator jaringan harus mengetahui cara merawat jaringan, sehingga tetap handal dan stabilitas server tetap terjaga. Merawat Jaringan Komputer tidaklah mudah, harus mengetahui tahapan-tahapan dan prosedur perawatan, baik pada software maupun hardwarenya.
 
Perangkat keras atau hardware yang ada dalam jaringan komputer diantaranya: komputer server, komputer klien, HUB/Switch, router, kabel jaringan (kabel AWG, Kabel UTP, patch cords) dan konektor. Komponen tersebut harus selalu dalam kondisi prima agar kinerja jaringan selalu maksimal.

Berikut ini adalah tips dan trik cara merawat jaringan komputer yang dapat diimplementasikan:

1. Perawatan pada Komputer Server
Komputer server merupakan pusat kendali sistem jaringan, komputer server akan secara terus menerus melayani permintaan dari klien. Server juga merupakan pusat penyimpanan data-data dari klien. Perlu dilakukan backup data secara berkala, bisa 1 bulan sekali, 1 minggu sekali, atau 2 hari sekali. Jika diperlu komputer server memiliki server backup atau pengganti, sehingga disaat komputer server utama rusak segera ada penggantinya.

2. Perawatan pada Komputer Klien
Peran komputer klien tidak se-vital komputer server. Komputer klien digunakan untuk mengakses data pada jaringan. Jika satu komputer klien rusak maka tidak akan terpengaruh pada komputer client lainnya. Meskipun demikian komputer klien juga harus tetap dijaga dan dirawat secara berkala, seperti defragment, membersihkan virus, membersihkan file-file temporary, membersihkan file installer yang sudah pernah dihapus dan lain-lainnya.

3. Perawatan pada Kabel Jaringan
Pada jaringan terkoneksi kabel, peran kabel jaringan sangat penting karena kabel menjadi jalur utama untuk pertukaran data. Kerusakan pada kabel jaringan antara lain: kabel digigit tikus. Jika kabel sudah sobek atau rusak karena digigit tikus maka akan mempengaruhi kinerja jaringan komputer atau bahkan tidak terhubung ke jaringan komputer.
Solusi : gunakan besi atau plastik yang kuat sebagai pembungkus pada kabel jaringan komputer.
Jika perlu mengganti, saat ini sudah banyak toko yang men jual kabel UTP, juga distributor kabel AWG yang bagus. Untuk patch cords, banyak juga toko yang memberikan harga patch cords terjangkau.

4. Perawatan pada Switch atau HUB
Switch atau HUB merupakan alat perantara dalam jaringan komputer. Jika HUB atau switch rusak maka komunikasi antara server dengan klien maupun klien dengan klien akan terganggu. Sebaiknya HUB atau switch harus dicek kondisi secara berkala. Tempatkan HUB atau switch di tempan yang tidak berdebu dan suhu yang dingin agar switch bekerja dengan maksimal.


Demikian sedikit tips dan trik yang bisa dibagi. Semoga bermanfaat.

 

Sumber

Terkait Berita Terkait

Komentar 0 Komentar :

    Komentar


    • Nama *
    • Email *
    • URL / Website
    • Komentar *